"PAPUA HEALING MINISTRY"
"Komunitas Yang Bertumbuh"

APA ARTI MILIKMU BAGIMU?

“Ketika Yesus berada di Betania, di rumah Simon si kusta, dan sedang duduk makan, datanglah seorang Perempuan membawa suatu buli-buli pualam berisi minyak Narwastu murni yang mahal harganya. Setelah dipecahkannya leher buli-buli itu, dicurahkannya minyak itu ke atas kepala Yesus.” — Markus  14:3


YESUS SEDANG MAKAN, saat seorang Perempuan datang membawa suatu buli-buli berisi minyak Narwastu. Yesus bisa saja merasa kesal bahkan terganggu dengan kehadiran Perempuan yang datang kepada-Nya. Apalagi, kedatangannya tak tepat waktu! Ya, ia datang pada waktu Yesus sedang makan. Anda bisa bayangkan, pada saat Anda sedang makan tiba-tiba Anda kedatangan seseorang yang tak jelas maksud dan asalnya. Anda bahkan tak mengenalnya! Anda bisa saja kesal dan mengumpat, “Tak tahu apa, kalau aku lagi makan. Tidak bisa datang nanti-nantikah sehabis makan,” demikian kekesalan Anda. Anda dapat membayangkan situasinya; Anda sedang asyik makan, tapi tiba-tiba Anda kedatangan seseorang yang membawa minyak.

Selera makan Anda pasti terganggu.

Anda tak kan bisa makan sampai habis tentunya.

Ya, bau harum minyak itu tentu mengganggu. Meski minyak itu belum dibuka dan masih tertutup rapat, bau minyak itu pasti tercium juga. Tapi, bisakah sementara Anda makan, Anda mencium bau wangi?

Tentu sulit bukan?

Yesus bisa saja terganggu dan kesal. Tapi, tidak! Alkitab memang tidak mencatat apakah Yesus masih melanjutkan makan atau tidak. Tapi, seandainya Yesus tak melanjutkan makan berarti Yesus adalah seorang pribadi yang bisa menghargai orang lain. Ia tak terganggu dengan kehadiran Perempuan yang datang kepada-Nya.

Yesus tahu bagaimana menghargai orang lain. Ia tahu bagaimana menempatkan kepentingan orang lain diatas kepentingannya sendiri. Bagaimana dengan Anda? Saat keasyikan kita diganggu orang lain, masihkah kita menghargai orang itu? Masihkah kita memberikan tempat bagi orang lain untuk merasakan kepedulian kita?

PERTAMA, YESUS TAK TERGANGGU DENGAN ANDA

Seorang Perempuan datang. Siapa dia? Apa maksud kedatangannya? Penulis Injil Markus memang tak menjelaskan siapa Perempuan ini. Nampaknya, tak terlalu penting! Bagi Markus, terpenting adalah apa yang telah dilakukannya. Dalam Injil Yohanes dikatakan, Perempuan itu bernama Maria. Maksud kedatangannya sangat jelas yakni memberikan minyak  Narwastu yang dibawanya kepada Yesus – mengurapi Yesus!

Ada beberapa pendapat mengenai identitas Perempuan itu. Dia merupakan Perempuan yang berdosa. Kemungkinan dia pernah mendengar pengajaran Yesus. Siapapun dia, Yesus tak pernah mempersoalkan identitasnya. Yesus tak pernah menghakiminya. Yesus menerima niat baiknya. Yesus menerima hidupnya dan pemberiannya.

Apa yang dia bawa kepada Yesus?

Narwastu.

Minyak itu sangat mahal. Minyak itu terbuat dari tanaman India yang sangat mahal. Tak semua orang bisa memilikinya. Perempuan itu, mungkin telah lama membelinya dan menyimpannya. Minyak itu sangat mahal, tapi mengapa justru diberikan kepada Yesus? Bukankah itu percuma? Bukankah itu pemborosan? Dari kisah ini, kita dapat belajar; apa yang kita berikan kepada Yesus tak pernah dinilai-Nya sebagai pemborosan. Apakah Anda bersedia memboroskan apa yang Anda punya bagi Yesus? Apakah Anda bersedia untuk memboroskan hidup Anda bagi Yesus?

KEDUA, YESUS MENGUNJUNGI ANDA

Yesus berada di Betania. Betania merupakan sebuah desa satu mill lebih di sebelah timur Yerusalem di jalan menuju Yerikho dan disebelah tenggara Bukit Zaitun. Dikemukakan bahwa gulungan Laut Mati memuat bukti bahwa Betania sebenarnya merupakan koloni penderita Kusta.[1]

Yesus berada di Betania dan tinggal di rumah Simon Si Kusta. Penyakit Kusta merupakan penyakit menular, maka penderita penyakit ini dikucilkan dari masyarakat.[2] Apabila ia sembuh, harus diadakan upacara pentahiran oleh seorang imam (Im. 14: 2-20; Luk 1: 1-44). Yesus menyembuhkan penderita penyakit ini, bahkan ia mengunjungi Simon Si Kusta. Yesus tak takut tertular bahkan merasa kotor dengan mereka. Yesus menerima siapapun bahkan tak menolak siapapun.

Termasuk Anda!

Dia menerima Anda tanpa syarat!

Apa adanya!

Menariknya, Yesus justru datang ke rumah Simon Si Kusta. Dia datang mengunjungi dia. Ini merupakan kebenaran yang luar biasa. Yesus mengunjungi Anda. Yesus tak pernah menganggap Anda orang asing. Dia tak pernah mengucilkan Anda. Dia datang kepada Anda dan menawarkan kasih-Nya, hingga Anda mengalami kasih-Nya secara sempurna.

di tulis oleh, Ev. Kornelius Sutriyono, S.Th – – “MEnjadi PEniru Kristus”


[1]Kamus Alkitab, 57.

[2] 232.

Belum Ada Tanggapan to “APA ARTI MILIKMU BAGIMU?”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: