"PAPUA HEALING MINISTRY"
"Komunitas Yang Bertumbuh"

Seri Pemulihan Cinta: Waspadai trauma karena kegagalan cinta!

Ketika satu pintu tertutup, pintu lain terbuka; namun terkadang kita melihat dan menyesali pintu tertutup tersebut terlalu lama hingga kita tidak melihat pintu lain yang telah terbuka. Alexander Graham Bell

Kegagalan cinta di masa lalu nggak harus bikin kamu kecewa, apalagi hindarkan diri dari cinta. Apapun alasannya, kamu nggak bisa hidup dengan terus-menerus menghindar dari cinta. Mau tahu kenapa? Ya, karena manusia diciptakan untuk saling mencintai. Cinta adalah bagian dari hidup manusia. Bahkan sejak semula, Allah merancang manusia untuk saling mencintai. Alkitab katakan, “Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi” (Kejadian 1: 28). Manusia bisa aja beranakcucu dan bertambah banyak tanpa cinta, tapi Allah mau manusia melakukannya dengan cinta. Karena cinta merupakan masa depan bagi manusia.

Aku pernah kenal dan sempet deket ama seorang cewek. Tapi dalam proses pengenalan dan pendekatan, aku kaget dengan statmennya: “aku nggak akan pacaran dengan Pendeta.” Uup! Apa yang terjadi? Apa yang salah dengan Pendeta? Sampai-sampai dia nggak mau pacaran ama Pendeta! Aku kaget dan cemas karena sebenarnya aku naksir sama dia. Udah lama aku menaruh hati ama dia. Tapi…statmennya seolah-olah mematahkan semangat empat lima ku. “Pasti ada yang nggak beres, aku kan Pendeta,” pikirku! Aku pun nggak nyerah. Aku berusaha cari tahu kenapa dia punya statmen semacam itu.

Mau tahu kenapa? Ternyata figur Pendeta jadi momok bagi dia. Dengan Pendeta lah ia pernah mengenal cinta, tapi disisi lain mengenal luka cinta karena Pendeta. Dikhianati, itulah tepatnya! Belum lagi anak-anak Teologi gaya pacarannya nggak tahan lama, katanya. Sederhananya ia trauma berpacaran dengan Pendeta. Aku pun bingung harus gimana? Aku berusaha meyakinkan dia bahwa nggak semua Pendeta sama. Masih banyak Pendeta yang setia, bukan hanya soal pelayanan, tapi juga soal pacaran. Sampai-sampai aku bercanda…kamu tahu nggak kalau aku ini tipe cowok setia? Gimana nggak? Liat aja aku setia dalam kesendirianku! Heee….peace!

Pengalaman gagal cinta dimasa lalu emang sering jadi problem bagi anak muda. Gejala ini masih umum kita temukan. Trauma akibat kegagalan cinta dimasa lalu atau menyaksikan orang lain pernah gagal. Kalaupun bukan dengan Pendeta, ya… mungkin dengan pemuda biasa. Banyak kita temukan, baik laki-laki maupun perempuan memiliki trauma bahkan penghakiman terhadap lawan jenisnya. Nggak mau, itulah ungkapnya dengan tegas. Kalau udah begitu, apa yang harus dibuat? Pertama, kamu harus menolak segala konsep bahwa laki-laki/wanita semua sama. Itu nggak bener! Nggak semua laki-laki/wanita suka ngecewain, khianatin, dan sebagainya. Ada lagunya tu, “tidak semua laki-laki…bersalah padamu…” Kedua, meminta ampun atas penghakiman yang terucapkan bahwa semua laki-laki (Pendeta)/wanita sama. Ketiga, mengampuni laki-laki/wanita yang pernah membuat luka. Keempat, membuka dan mengizinkan hatimu diperbaharui oleh Tuhan.

Pertanyaan Refleksi:

  1. Pernahkah kamu ngalami kegagalan cinta?
  2. Gimana perasaanmu sekarang ini, setelah kamu alami kegagalan cinta?

Doa Pemulihan:

Oleh kasih karunia-Mu Bapa, aku kuat untuk melewati hari-hariku. Aku tahu dan percaya bahwa segala hal yang baik datangnya dari-Mu. Hari ini aku bersyukur atas cinta yang Engkau percayakan kepadaku. Ingatkan aku jika ada pengalaman-pengalaman cinta bahkan orang-orang yang terluka karena aku. Ampuni aku jika aku bermasalah dengan cinta. Bahkan, jika ada keinginan-keinginan yang nggak kudus, aku minta ampun dan lepaskan aku. Aku butuh kekuatan dari-Mu sebab aku nggak mampu hidup tanpa kasih dan pertolongan-Mu. Dalam nama Yesus aku berdoa. Amin.

Satu Tanggapan to “Seri Pemulihan Cinta: Waspadai trauma karena kegagalan cinta!”

  1. thanks ats comenty. senang bisa kenal. bicara jodoh (bac: pasangn hidup) ngga bisa tegantung dr perkataan org termask Pdt. jk hr ini deket sm Pdt….sy ucapkn selamt!!! pesen yg terus disampaikn oleh senior sy n menurtku pentig jg q sampaikn….jaga kekudusan!!! suksees n terus setia dlm ikut Tuhan, gbu


Tinggalkan Balasan

